Cara Buat Blog Bagi Pemula

Cara Buat Blog Bagi Pemula

Cara Membuat Blog bagi pemula – Hanya dengan berbekal domain dan hosting maupun hanya dengan domain dan blogger/blogspot, kamu bisa membuat blog sederhana hingga menjadi peringkat pertama Google. Sebelumnya, Pernah mendengar kata blog atau website? Sekarang ini blog sudah menjadi trend atau gaya hidup masyarakat. Sudah banyak blogger yang sukses meraih keuntungan dan populer di media karena berbekal tulisan di blog. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utamanya. Apa itu blog? Apa beda blog dan website? Bagaimana cara membuat blog hingga menjadi blog profesional dan banyak pengunjungnya? Bagaimana cara membuat blog mudah untuk pemula? Kali ini kholisima.my.id akan mengajak untuk membuat blog profesional.   



Apa itu Blog ? 

Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber Merriam Webster). Dari sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Jadi Apa itu blog ?

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

Struktur Blog

Header : Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog. Descripsi blog dan menu blog.

Navbar : Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam megelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.

Main blog : Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada main blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.

Sidebar : pada elemen ini biasanya terdapat Populer post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainnya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuag blog.

Footer : terlatk paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.

Jenis-jenis Blog :

| Blog Pribadi |

• Konten blog pribadi biasanya sangat bebas, tidak terikat aturan tertentu. Pemilik blog bebas menentukan konten seperti apa yang akan ditulis. Bisa mengenai cerita liburan, pengalaman sekolah, cerita tentang keluarga, atau bahkan tentang kisah asmaranya.

|Blog Profesional|

• Berbeda dengan blog pribadi, blog profesional memiliki batasan tertentu dalam konten yang diterbitkan. Biasanya blog profesional berisi konten-konten yang dapat menunjukkan profesionalitas pemilik blog di suatu bidang.

|Blog Bisnis (Content Marketing)|

• Dengan memanfaatkan blog untuk tujuan content marketing, Anda bisa mendatangkan pengunjung melalui kata kunci yang sering dicari oleh calon konsumen Anda.

Manfaat dan Fungsi Blog :

Manfaat dan fungsi blog di bawah ini kebanyakan adalah untuk blog yang bisa dikelola oleh individu seperti blog pribadi dan blog professional. 1. Mengasah Kemampuan Menulis, 2. Media Publikasi untuk Siapa Saja, 3.  Bukti Profesionalitas, 4. Sebagai Sarana untuk Branding, 5. Menghasilkan Uang.  


Kesimpulan :

Blog adalah platform yang dapat digunakan oleh semua orang. Sudah terpikir blog seperti apa yang akan Anda buat? Jika Anda sudah memiliki konsep, Anda bisa membuat blog tersebut menggunakan platform WordPress atau Blogger/blogspot. kami menyarankan untuk menggunakan WordPress atau Blogger/blogspot karena WordPress atau Blogger/blogspot mudah digunakan siapa saja, baik orang awam maupun professional.  

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama