Modul Moderasi Beragama PPPK Kemenag

Modul Moderasi Beragama PPPK Kemenag 

https://www.kholisima.my.id


Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan Instansi Pemerintah untuk memberikan Pendidikan dan Pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan.


Nasionalisme adalah suatu paham untuk mencintai bangsa dan negara atas kesadaran warga negara dengan mengutamakan persatuan yang bersumber dari paham, rasa dan semangat kebangsaan. Perpaduan paham, rasa dan semangat kebangsaan ini diharapkan akan menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial, kebersamaan dan berjuang bersama untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara di tengah rentannya konflik masyarakat yang memiliki ras, suku, adat-istiadat/budaya dan agama yang beragam. Oleh karena  itu, menjaga persatuan dan kesatuan bagi seluruh bangsa Indonesia merupakan keniscayaan mutlak yang harus dilaksanakan agar berbagai potensi konflik maupun upaya pemecah belahan dapat diminimalisir.


Nilai-nilai agama merupakan nilai yang selaras dengan nasionalisme, di antaranya dengan banyaknya nilai-nilai kebajikan yang dapat diaktualisasikan ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memperkuat nilai-nilai kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Agama  merupakan solusi bagi  terbangunnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai kebhinekaan.



Modul yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat dalam mempraktikkan moderasi beragama:

1. Pengenalan Moderasi Beragama: Modul ini dapat memberikan pemahaman tentang apa itu moderasi beragama, mengapa hal itu penting, dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Komunikasi Efektif: Modul ini dapat membantu masyarakat untuk belajar berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang dari agama yang berbeda. Ini dapat meliputi keterampilan mendengarkan, menghargai perspektif orang lain, dan membangun hubungan yang baik.

3. Pemahaman Agama Lain: Modul ini dapat membantu masyarakat untuk memahami keyakinan dan praktek agama lain dengan tujuan untuk memperkuat toleransi dan pemahaman antara pemeluk agama yang berbeda.

4. Meningkatkan Kerukunan Beragama: Modul ini dapat membantu masyarakat dalam membangun hubungan yang harmonis antara pemeluk agama yang berbeda-beda. Ini dapat meliputi diskusi, acara keagamaan bersama, dan program-program yang menekankan pada kesamaan dalam kerja sama.

5. Pendidikan Agama: Modul ini dapat membantu masyarakat dalam memahami nilai-nilai agama dan menghargai perbedaan antara agama. Ini dapat meliputi pengajaran dan pelatihan tentang nilai-nilai agama, dan bagaimana mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

6. Meningkatkan Kesadaran terhadap Fanatisme Agama: Modul ini dapat membantu masyarakat untuk menghindari perilaku fanatisme dan ekstremisme agama. Ini dapat meliputi pendidikan dan pelatihan tentang bahaya ekstremisme agama, dan bagaimana menghindari perilaku yang merusak hubungan antara pemeluk agama yang berbeda-beda.

7. Membangun Kepercayaan: Modul ini dapat membantu masyarakat dalam membangun kepercayaan satu sama lain dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Ini dapat meliputi program-program yang menekankan pada nilai-nilai kepercayaan dan kerja sama.



UNDUH MODUL MODERASI BERAGAMA




Post a Comment

أحدث أقدم