Cara mudah membuat BLOG bagi Pemula

Cara mudah membuat BLOG bagi Pemula
Cara membuat Blog menggunakan fasilitas Google sangatlah mudah. Blogger adalah platform yang disediakan Google dan dapat digunakan secara Gratis. Kita cukup membeli Domain maka sudah memiliki situs sendiri. Syarat utama membuat Blog di Blogger adalah memiliki akun Gmail. Email tersebut anda bisa membuatnya secara Gratis menggunakan data pribadi. Data tersebut seperti Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat dan no Handphone. 




Cara membuat Gmail 
Tahap pertama silahkan masuk ke Gmail.com, isi data First Name (Nama Depan), Last Name (Nama Belakang), username (alamat Email yang di ingginkan), Password (Isi dua kali berulang) lalu Klik Next. Isi no Handphone anda dan Finish. Membuat Email di Gmail tersebut bisa anda lakukan melalui Komputer ataupun Smartphone. Pastikan nomor HP yang digunakan aktif. Jika nama yang akan kita gunakan tidak bisa maka kombinasikan namanya dengan angka. 

Cara membuat Blog di Blogger
Setelah memiliki Gmail maka tahap selanjutnya adalah membuat Blog menggunakan Platform Blogger. Silahkan masuk ke Blogger.com dan klik Create Your Blog. Isi judul Blog (Nama Blognya), isi Alamat Blog yang di ingginkan seperti kholisima.blogspot.com. Terakhir pilih Template yang tersedia lalu klik Buat Blog. 

Cara mudah membuat Blog Pada tahapan ini sudah berhasil dibuat tetapi tampilannya masih sederhana karena menggunakan Tema bawaan Blogger. Untuk mempercantik tampilan kita perlu memahami HTML atau bisa juga menggunakan Template yang sudah jadi. 
Untuk merubah Warna dan ukuran font dalam postingan artikel anda bisa melalui Theme >> Customize. Pilih saja menu bagian mana yang akan dirubah dan jika sudah selesai lalu klik Terapkan. Selain itu anda juga bisa melakukan perubahan melalui Edit HTML. 

Cara membeli Domain
Domain adalah sebuah nama Blog dimana kita sudah menggunakan nama pilihan sendiri tanpa embel embel blogspot. Contoh kholisima.blogspot.com menjadi kholisima.my.id. Anda bisa membelinya secara langsung di Google tetapi bisa juga melalui situs lain penyedia Domain, seperti Indotarget.net. 

Membuat blog
Login ke Blogger. 
Di sebelah kiri, klik Panah bawah Panah bawah.
Klik Blog baru.
Masukkan nama blog.
Klik Berikutnya.
Pilih URL atau alamat blog.
Klik Simpan. 

Mengelola blog
Anda dapat mengelola siapa saja yang boleh mengedit dan membaca blog Anda. 
Anda dapat memilih tampilan blog sesuai keinginan Anda. 

Browser yang dapat digunakan
Chrome
Firefox
Safari
MS Edge
Catatan: Versi browser baru dirilis secara rutin. Pastikan Anda terus mengupdate browser ke versi terbaru untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kesimpulan
Untuk anda yang masih Pemula dalam membuat Blog bisa menggunakan fasilitas Blogger untuk belajar. Selain Gratis Hosting juga cara penggunaannya cukup mudah.  

3 Komentar

  1. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Bagaiamana caranya membuat akun Gmail?

    BalasHapus
  3. terima kasih kak atas informasinya, silahkan mampir ke website kami https://www.budiluhur.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama